Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran dan konsep diri terhadap hasil belajar IPA. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain faktorial 2x2 dan dilakukan pada dua Sekolah Dasar di Kecamatan Matraman Jakarta Timur dengan sampel sebanyak 48 siswa. Hasil penelitian ini adalah; (1) Hasil belajar IPA siswa yang belajar dengan strategi pembelajaran kooperatif lebih tinggi daripada yang belajar dengan strategi pembelajaran ekspositori; (2) Untuk siswa yang memiliki konsep diri tinggi, hasil belajar IPA siswa yang belajar dengan strategi pembelajaran kooperatif lebih tinggi daripada yang belajar dengan strategi pembelajaran ekspositori; (3) Untuk siswa yang memiliki konsep diri rendah, hasil belajar IPA siswa yang belajar dengan strategi pembelajaran kooperatif lebih rendah daripada yang belajar dengan strategi pembelajaran ekspositori; (4) Terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan konsep diri terhadap hasil belajar IPA siswa.
Kata-kata Kunci: Strategi Pembelajaran, Konsep Diri, Hasil Belajar IPA.
Related post:
- PENGARUH SIKAP TERHADAP PERILAKU (KAJIAN META ANALISIS KORELASI)
- Hubungan Antara Penerimaan Diri Terhadap Ciri-Ciri Perkembangan Sekunder Dengan Konsep Diri (Pada Remaja Puteri SLTPN 10 Yogyakarta)
- EFEKTIVITAS PELATIHAN PENGENALAN DIRI TERHADAP PENINGKATAN PENERIMAAN DIRI DAN HARGA DIRI
- PENINGKATAN KUALITAS BELAJAR SISWA MELALUI PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERORIENTASI GAYA KOGNITIF DAN BERWAWASAN KONSTRUKTIVIS
- HUBUNGAN ANTARA SELF-EFFICACY, PENYESUAIAN DIRI DENGAN PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA
- PERAN PSIKOLOGI DALAM INVESTIGASI KASUS TINDAK PIDANA
- TEMPAT PENITIPAN ANAK, MEWAH, MENENGAH DAN SEDERHANA (Studi Perbandingan Perkembangan Anak Balita Secara Kognitif, Motorik & Afektif)
- EKSPRESI EMOSI DAN AUTISTIK: Memetakan Ekspresi Emosi yang Dapat Dikenali pada Anak-Anak Autis
- ALERGI MAKANAN, DIET DAN AUTISME