PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN KONSEP DIRI TERHADAP HASIL BELAJAR IPA Eksperimen pada Siswa Kelas V SD Negeri di Kecamatan Matraman, Jakarta Timur


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran dan konsep diri terhadap hasil belajar IPA. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain faktorial 2x2 dan dilakukan pada dua Sekolah Dasar di Kecamatan Matraman Jakarta Timur dengan sampel sebanyak 48 siswa. Hasil penelitian ini adalah; (1) Hasil belajar IPA siswa yang belajar dengan strategi pembelajaran kooperatif lebih tinggi daripada yang belajar dengan strategi pembelajaran ekspositori; (2) Untuk siswa yang memiliki konsep diri tinggi, hasil belajar IPA siswa yang belajar dengan strategi pembelajaran kooperatif lebih tinggi daripada yang belajar dengan strategi pembelajaran ekspositori; (3) Untuk siswa yang memiliki konsep diri rendah, hasil belajar IPA siswa yang belajar dengan strategi pembelajaran kooperatif lebih rendah daripada yang belajar dengan strategi pembelajaran ekspositori; (4) Terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan konsep diri terhadap hasil belajar IPA siswa.

Kata-kata Kunci: Strategi Pembelajaran, Konsep Diri, Hasil Belajar IPA.

  • Lihat File Jurnal PDF Selengkapnya dengan Klik Disini!!!




  • Related post: