Abstrak
Tujuan utama penelitian ini adalah mengembangkan suatu pembelajaran matematika yang berorientasi gaya kognitif dan berwawasan konstruktivis yang mampu meningkatkan kualitas belajar siswa. Data penelitian terdiri dari data tentang gaya kognitif yang dimiliki siswa, data tentang validitas, kepraktisan, dan keefektifan pembelajaran dan perangkatnya, data aktivitas siswa dalam mengikuti pembelajaran, prestasi belajar siswa, dan data tentang tanggapan siswa terhadap pelaksanaan pembelajaran. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah: lembar validasi, tes, observasi, wawancara, kuesioner, dan catatan harian yang kemudian dianalisis secara deskriftif. Hasil analisis ini selanjutnya dibandingkan dengan kriteria yang ada. Hasil penelitian menunjukkan bahwa diperolehnya pembelajaran matematika yang berorientasi gaya kognitif dan berwawasan konstruktivis yang valid, praktis, dan efektif. Dengan kata lain pembelajaran matematika yang dihasilkan dapat meningkatkan kualitas belajar siswa.
.
Related post:
- PENGARUH SIKAP TERHADAP PERILAKU (KAJIAN META ANALISIS KORELASI)
- Hubungan Antara Penerimaan Diri Terhadap Ciri-Ciri Perkembangan Sekunder Dengan Konsep Diri (Pada Remaja Puteri SLTPN 10 Yogyakarta)
- EFEKTIVITAS PELATIHAN PENGENALAN DIRI TERHADAP PENINGKATAN PENERIMAAN DIRI DAN HARGA DIRI
- PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN KONSEP DIRI TERHADAP HASIL BELAJAR IPA Eksperimen pada Siswa Kelas V SD Negeri di Kecamatan Matraman, Jakarta Timur
- HUBUNGAN ANTARA SELF-EFFICACY, PENYESUAIAN DIRI DENGAN PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA
- PERAN PSIKOLOGI DALAM INVESTIGASI KASUS TINDAK PIDANA
- TEMPAT PENITIPAN ANAK, MEWAH, MENENGAH DAN SEDERHANA (Studi Perbandingan Perkembangan Anak Balita Secara Kognitif, Motorik & Afektif)
- EKSPRESI EMOSI DAN AUTISTIK: Memetakan Ekspresi Emosi yang Dapat Dikenali pada Anak-Anak Autis
- ALERGI MAKANAN, DIET DAN AUTISME